Blogger Widgets

Wadah elektronik yang disajikan sederhana ini merupakan komponen komplementer E-LEARNING pada Universitas Jambi yang dimaksudkan sebagai penguat perkuliahan tatap muka. Namun demikian, bila khalayak lain bermaksud memanfaatkannya, saya persilakan dengan senang hati. Semoga ikhtiar kecil ini bermanfaat. Amin.

Kepada segenap pengunjung blog ini, dimohonkan maklumnya sehubungan dengan isi blog ini belum maksimal. Isi blog ini insyaallah akan di-upload-kan berangsur-angsur sesuai dengan keadaan kebutuhan.

Sabtu, 07 Januari 2012

PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF MELALUI ANALISIS KOMPREHENSI IDE

Hingga kini, pembelajaran paragraf masih merupakan ‘misteri kolektif’.  Banyak pakar yang sudah memikirkan efektivitas pembelajaran tersebut. Adopsi model pembelajaran dari bidang ilmu lain dan dari negara lain sudah banyak dilakukan. Konsep dalam hal model pembelajaran banyak dipikirkan, ditawarkan, diteliti, dan diterapkan. Namun demikian, saat kontrol balik dilakukan, selalu diketahui ada indikasi bahwa pembelajaran menulis paragraf masih memprihatinkan. Kualitas paragraf peserta didik mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi masih di bawah harapan. Keadaan tersebut disuarakan di beberapa tempat. Ini merupakan masalah bersama, pertanyaan bersama, ‘misteri kolektif’.


 Seiring dengan perkembangan kesadaran akan problematik pembelajaran pada bidang lainnya; seiring pula dengan perkembangan teknologi pendidikan, pembelajaran menulis paragraf yang bermasalah tadi ‘ditawari’ solusi berupa penerapan konsep-konsep tertentu, di antaranya konsep  konstruktivisme, metakognitif, CTL, dan PAIKEM.   Secara substansial, konsep-konsep tersebut memang sangat mungkin bisa diterapkan pada pembelajaran menulis paragraf.  Hanya saja, bila substansinya dicermati,  konsep-konsep tersebut bersifat umum. Konsep tersebut berlaku untuk semua materi pembelajaran.


Selengkapnya dapat diunduh (didownload) di sini KLIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar