Blogger Widgets

Wadah elektronik yang disajikan sederhana ini merupakan komponen komplementer E-LEARNING pada Universitas Jambi yang dimaksudkan sebagai penguat perkuliahan tatap muka. Namun demikian, bila khalayak lain bermaksud memanfaatkannya, saya persilakan dengan senang hati. Semoga ikhtiar kecil ini bermanfaat. Amin.

Kepada segenap pengunjung blog ini, dimohonkan maklumnya sehubungan dengan isi blog ini belum maksimal. Isi blog ini insyaallah akan di-upload-kan berangsur-angsur sesuai dengan keadaan kebutuhan.

Jumat, 27 April 2012


KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS
SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 24 KOTA JAMBI
TAHUN AJARAN 2011/2012

Dola Nofria*
FKIP Universitas Jambi

ABSTRACT
This research aim to mendeskripsikan of ability and mendeskripsikan accuracy and also mistake in applying elements of constructor narasi that is (1) according to theme, (2) keruntutan groove, (3) perpetrator clarity, (4) background clarity, and (5) viewpoint clarity in writing narasi ekspositoris by student of class of VII E SMP Country 24 Town of Jambi of Teaching Year 2011 / 2012. Device used in this research [is] quantitative descriptive and qualitative. Population in this research [is] student of class of VII E SMP Country 24 Town Jambi. Analyse the data [done/conducted] by data selection, tabulation [of] data, and assessment. Result of this research indicate that the ability write the narasi ekspositoris of student of class of VII E SMP Country 24 good Town Jambi berpredikat, availably mean assess 85, seen from (1) ability write the narasi ekspositoris [of] pursuant to beam picture media [of] good berpredikat with the mean 81,72. (2) ability write the narasi ekspositoris [of] pursuant to personal experience [of] magnificent berpredikat with the mean assess 88,92. From facet of accuracy and mistake [of] a lot of composition which not yet precisely and own the mistake from facet of element of constructor narasi.
Key words: skill write the, narasi ekspositoris


PENDAHULUAN
Keterampilan menulis narasi ekspositoris merupakan hal yang sangat penting bagi siswa. Nurudin (2010:19) mengatakan bahwa menulis merupakan sarana untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan serta merupakan sarana untuk mendapatkan kebanggaan. Akhadiah (1988:1-2) berpendapat bahwa dengan menulis kita dapat lebih mengenal kemampuan diri. Berkaitan dengan pendapat para ahli tersebut, dalam hidupnya, siswa membutuhkan pengungkapan pikiran dan perasaan, pemerolehan kebanggaan, serta pengenalan kemampuan diri sendiri. Sisi positif yang dikemukakan ahli tersebut bukan hanya merupakan peran penting menulis secara umum, melainkan juga merupakan peran penting menulis narasi ekspositoris.


Untuk mendownload artikel ini silakan klik DI SINI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar