Blogger Widgets

Wadah elektronik yang disajikan sederhana ini merupakan komponen komplementer E-LEARNING pada Universitas Jambi yang dimaksudkan sebagai penguat perkuliahan tatap muka. Namun demikian, bila khalayak lain bermaksud memanfaatkannya, saya persilakan dengan senang hati. Semoga ikhtiar kecil ini bermanfaat. Amin.

Kepada segenap pengunjung blog ini, dimohonkan maklumnya sehubungan dengan isi blog ini belum maksimal. Isi blog ini insyaallah akan di-upload-kan berangsur-angsur sesuai dengan keadaan kebutuhan.

Sabtu, 17 Maret 2012

Kearifan atas Cinta akan Bahasa Indonesia dan Globalisasi


Dilematika  antara berbahasa Indonesia dan berbahasa asing telah menempati posisi kesan pada masa kini. Atas dasar sejarah serta payung hukum, bangsa Indonesia meyakini untuk memelihara dan mengembangkan bahasa Indonesia. Atas dasar kebutuhan pemenuhan hajat hidup masa globalisasi, diyakini bahwa bangsa kita harus bisa berbahasa asing demi kepentingan berkomunikasi dengan dunia luar.  Keadaan tersebut menimbulkan kebingungan pada bangsa kita. Bila bangsa kita memelihara dan mengembangkan bahasa Indonesia, hajat globalisasi (khususnya pada penguasaan bahasa asing) akan terganggu. Bila penguasaan bahasa asing dikejar demi hajat globalisasi, pembinaan bahasa Indonesia akan terbengkalai. Buah si mala kama! Namun, hal ini hanyalah sebuah kesan.

Dilema itu sebenarnya tidak ada. Penggunaan dan pembinaan bahasa Indonesia tidak akan mengorbankan kepentingan penguasaan bahasa asing demi globalisasi. Penguasaan dan penggunaan bahasa asing demi globalisasi tidak akan mematikan atau memudarkan bahasa Indonesia. Pembinaan bahasa Indonesia dan penguasaan bahasa asing bisa dilakukan secara harmonis.  

Untuk selengkapnya, silakan down load melalui KLIK DI SINI!

5 komentar:

  1. setuju pak...
    Bahasa luar harus dipelajari untuk kepentinan komuniKasi...

    namun bahasa Indonesia pun harus tetap di jayakan, karna bahasa kita salah satu harta karun milik kita pak... itu menurut saya pak

    salam pak dari saya
    Tommy Reza 
    Fkip Mandiri Kelas I
    NIM : RRA1B111064

    BalasHapus
  2. Bahasa asing memang perlu dipelajari untuk komunikasi dengan negara lain.
    Namun alangkah baik jika Bahasa Indonesia yang menjadi Bahasa Persatuan kita tidak hilang begitu saja akibat globalisasi.
    Kiranya kita sebagai bangsa Indonesia tetap menomorsatukan bahasa Indonesia daripada bahasa lainnya.

    salam dari saya pak
    Tania Shinta P
    FKIP FISIKA REG. B
    NIM: A1C311052

    BalasHapus
  3. setuju....

    MOHON TEMAN NYA PLISH
    SI PLISH KAKAK NYA GOTTI
    WALAU PUN GOOD ENGLISH
    BAHASA INDONESIA TETAP DI HATI

    dari Hendra Sucipto
    NIM : A1C311019
    fisika reg. A 2011
    nb: kayak nya english nya payah,hehehe

    BalasHapus
  4. Syukur alhamdulillah Anda semua memiliki rasa cinta terhadap Bahasa Indonesia. Cinta kita terhadap Bahasa Indonesia tidak berarti kita anti bahasa asing. Kita berbahasa asing tidak berarti kita tidak perlu mencintai Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  5. Bahasa asing memang perlu di era globalisasi ini, tetapi kita sebagai Bangsa Indonesia jangan pernah melupakan bahasa persatuan kita, yaitu Bahasa Indonesia.

    Saya Dwi Agust Suryani
    NIM RRA1C311012
    Fisika Reguler B Mandiri

    BalasHapus