Sebagaimana pembelajaran lainnya, pembelajaran pada BIPA ini memiliki GBPP. Pada GBPP BIPA, pembelajaran BIPA ini terdiri atas Pembelajaran Tingkat Pemula, Pembelajaran Tingkat Madya, dan Pembelajaran Tingkat Lanjut.
Poin-poin isi GBPP tersebut adalah sebagai berikut.
Poin-poin isi GBPP tersebut adalah sebagai berikut.
A. BIPA I: Tingkat Pemula (64 Jam, Dua Kali Per Minggu, @ 2 Jam) 1. Tujuan Umum Pengajaran BIPA I (tingkat pemula) bertujuan agar peserta mampu berkomuni-kasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sederhana untuk berbagai keperluan sehari-hari, seperti bertegur sapa, berbelanja, dan berwisata. 2. Tujuan Khusus · Peserta mampu mengenali dan mengucapkan dengan tepat lafal-lafal bunyi vokal dan konsonan yang terdapat dalam sistem alfabetis bahasa Indonesia. · Peserta mampu memahami tekanan dan intonasi kata dalam bahasa Indonesia. · Peserta mampu menggunakan ungkapan-ungkapan salam dengan tepat. · Peserta mampu menggunakan bentuk-bentuk sapaan dalam bahasa Indonesia secara tepat. · Peserta mampu menggunakan kata-kata ganti orang dalam bahasa Indonesia secara tepat. · Peserta mampu memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dengan tepat. · Peserta mampu menceritakan pengalaman sendiri dan orang lain. · Peserta mampu menggunakan kata penunjuk dalam bahasa Indonesia. · Peserta mampu menggunakan kata tanya dan menjawab pertanyaan dengan kalimat sederhana. · Peserta mampu memperoleh dan memberi informasi dengan tepat. · Peserta mampu menggunakan kata penunjuk waktu dan penunjuk arah secara tepat. · Peserta mampu memahami pola urutan kata dalam bahasa Indonesia. · Peserta mampu membuat/memproduksi kalimat sederhana. · Peserta mampu mengisi formulir sedehana dengan menggunakan bahasa Indonesia. 3. Materi · Lafal bunyi vokal dan konsonan yang terdapat dalam sistem alfabetis bahasa Indonesia · Tekanan dan intonasi kata dalam bahasa Indonesia · Penggunaan ungkapan-ungkapan salam dalam bahasa Indonesia · Penggunaan bentuk-bentuk sapaan seperti bapak, ibu, saudara, dan Anda dalam bahasa Indonesia · Penggunakan kata-kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga serta bentuk-bentuk posesif dalam bahasa Indonesia · Penggunaan nama-nama diri dan nama profesi dalam bahasa Indonesia · Penggunaan kata ganti penunjuk ini dan itu serta kombinasinya dengan kata benda dan kata tanya apa · Pengenalan kata-kata benda di dalam ruang kelas dan di sekitarnya · Pengenalan kata sifat dan bentuk perbandingan yang sering digunakan sehari-hari dan kombinasinya dalam kelompok kata · Penggunaan kata tanya apa dan apakah serta yes or no question · Penggunaan kata tanya siapa dan di mana serta kombinasinya dengan -kah · Pengenalan kata-kata pengungkap waktu (jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun) serta kata-kata penunjuk arah · Pola urutan kata dalam bahasa Indonesia (DM-MD) · Penggunaan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia · Pengisian formulir sedehana dengan menggunakan bahasa Indonesia 4. Evaluasi · Melafalkan dengan tepat beberapa kata yang mengandung bunyi vokal dan konsonan yang dikehendaki · Melafalkan beberapa kata dengan tekanan dan intonasi yang tepat · Menyebutkan ungkapan-ungkapan salam yang tepat sesuai dengan konteksnya · Menggunakan bentuk-bentuk sapaan yang tepat sesuai dengan konteksnya · Menggunakan kata-kata ganti yang tepat sesuai dengan konteksnya · Memperagakan cara memperkenalkan diri dan orang lain dengan menggunakan kata-kata yang tepat · Menceritakan pengalaman sendiri dan orang lain secara lisan · Menggunakan kata penunjuk ini dan itu dengan tepat · Mengemukakan dan menjawab pertanyaan dengan kalimat sederhana · Meminta dan memberi informasi dengan tepat · Menggunakan kata penunjuk waktu dan penunjuk arah dengan tepat · Menyusun dan menggunakan urutan kata dengan tepat · Membuat/memproduksi kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia · Mengisi formulir sedehana dengan menggunakan bahasa Indonesia 5. Daftar Tema · Di KBRI · Di Bandara · Di Kantor Imigrasi · Di Agen Perjalanan · Di Hotel · Di Restoran · Di Pasar Tradisional · Di Pusat Perbelanjaan · Di Pantai Parangtritis · Di Taman Mini Indonesia Indah · Di Pusat Pelayanan Umum B. BIPA II: Tingkat Madya (64 Jam, Dua Kali Per Minggu, @ 2 Jam) 1. Tujuan Umum Pengajaran BIPA II (tingkat madya) bertujuan agar peserta mampu berkomunikasi secara lancar dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik untuk berbagai keperluan sehari-hari maupun untuk bersosialisasi dalam hidup bermasyarakat. 2. Tujuan Khusus · Peserta mampu memahami dan mengungkapkan suka cita dan kegembiraannya atas keberhasilan orang lain. · Peserta mampu memahami dan mengungkapkan duka cita atau keprihatinan atas peristiwa yang dialami orang lain. · Peserta mampu memahami dan mengungkapkan permintaan secara halus. · Peserta mampu menolak dan menerima ajakan orang lain. · Peserta mulai memiliki kepekaan terhadap ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira. · Peserta mulai memiliki kepekaan terhadap fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata krama (unggah-ungguh) dalam berbahasa. · Peserta mampu memahami dan mengungkapkan karakter seseorang. · Peserta mampu memahami dan mengungkapkan suatu aktivitas dan keberlangsungan aktivitas itu. · Peserta mampu menjelaskan ciri-ciri suatu benda. · Peserta mampu menjelaskan terjadinya suatu peristiwa. · Peserta mampu mengisi formulir, melakukan korespondensi, dan membuat laporan sederhana. 2. Materi · Penggunaan ungkapan selamat, seperti selamat ulang tahun, selamat menempuh hidup baru, atau selamat atas keberhasilan · Penggunaan ungkapan keprihatinan, seperti turut berduka cita atau ungkapan penyesalan · Penggunaan kalimat perintah atau permintaan yang tidak langsung · Penggunaan ungkapan penolakan secara sopan · Penggunaan ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira · Penggunaan fungsi-fungsi pragmatik, seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata karma (unggah-ungguh) dalam bahasa Indonesia · Penggunaan kata sifat yang menyatakan karakter seseorang · Penggunaan kata kerja dan kombinasinya dengan bentuk kala (tenses) · Penggunaan kata benda dan kombinasinya penggunaan modalitas · Penggunaan kalimat dan kombinasinya dengan keterangan tempat dan waktu · Pengisian formulir, pembuatan laporan sederhana dan korespondensi 3. Evaluasi · Membuat pernyataan, baik secara lisan maupun tertulis, yang mengungkapkan suka cita dan kegembiraan atas keberhasilan orang lain · Membuat pernyataan, baik secara lisan maupun tertulis, mengungkapkan duka cita atau keprihatinan atas peristiwa yang dialami orang lain · Membuat pernyataan, baik secara lisan maupun tertulis, yang mengungkapkan permintaan secara halus · Membuat pernyataan penolakan dan penerimaan atas ajakan orang lain · Menggunakan ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira sesuai dengan konteks situasinya · Menerapkan fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata karma (unggah-ungguh) dalam berbahasa sesuai dengan konteksnya · Mengungkapkan/menyebutkan karakter seseorang berdasarkan ciri-cirinya · Mengungkapkan suatu aktivitas dan keberlangsungan aktivitas · Menjelaskan ciri-ciri suatu benda yang sudah ditentukan · Peserta mampu menjelaskan terjadinya suatu peristiwa. · Mengisi formulir, melakukan korespondensi, dan membuat laporan sederhana. 4. Daftar Tema · Pesta Perkawinan · Upacara Ngaben · Mengantar Teman ke Stasiun · Mengunjungi Pameran · Pesta Kemerdekaan 17 Agustus 1945 · Berkunjung ke Rumah Sahabat · “Pak Budi yang Baik Hati” · Kerja Bakti/Gotong Royong · Mengunjungi Museum · Kecelakaan Lalu Lintas · Sahabat Pena C. BIPA III: TINGKAT LANJUT 1. Tujuan Umum Pengajaran BIPA III (tingkat lanjut) bertujuan agar peserta mampu berkomunikasi secara lancar dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tertulis, untuk berbagai keperluan sehari-hari, bersosialisasi dalam hidup bermasyarakat, dan keperluan lain yang lebih luas, misalnya untuk mencari pekerjaan dan melaksanakan pekerjaan sehari-hari di tempat tugas, ataupun komunikasi akademis, seperti mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi di Indonesia. 2. Tujuan Khusus · Peserta mampu menggunakan bahasa Indonesia lisan dengan lancar untuk berbagai keperluan. · Peserta mampu mengungkapkan pendapat dan pengalamannya dengan menggunakan kalimat-kalimat yang variatif. · Peserta mampu memahami dan mengungkapkan suatu wacana yang kompleks. · Peserta mampu menulis dengan baik dalam bentuk makalah dan laporan kegiatan. · Peserta mampu memadukan kalimat-kalimat dalam paragraf yang koheren. · Peserta mampu menjelaskan dan berargumentasi dengan baik. · Peserta mampu berdiskusi, berdebat, dan menulis laporan argumentatif. · Peserta sudah memiliki kepekaan terhadap ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira. · Peserta sudah memiliki kepekaan terhadap fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata krama (unggah-ungguh) dalam berbahasa. · Peserta mampu memahami dan mengungkapkan dengan baik unsur-unsur politik, sosial, dan budaya Indonesia. 3. Materi · Penggunaan bahasa Indonesia lisan lisan, seperti menyimak kaset dan video serta bermain peran. · Pengungkapan pengalaman dan berdiskusi · Pemahaman wacana yang kompleks dan pengungkapan kembali, baik secara lisan maupun tertulis · Penyusunan paragraf · Penulisan makalah dan laporan kegiatan · Penyajian makalah dalam seminar/diskusi panel · Penggunaan ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira · Penggunaan fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata karma (unggah-ungguh) dalam berbahasa · Pemahaman unsur-unsur politik, sosial, dan budaya Indonesia 4. Evaluasi · Memahami kaset dan video serta memainkan peran tertentu · Mengungkapkan pengalaman dan diskusi · Memahami wacana yang kompleks dan mengungkapkannya kembali, baik secara lisan maupun tertulis · Menyusun paragraf yang koheren berdasarkan topik tertentu · Menulis makalah dan laporan kegiatan · Menyajkian makalah dalam seminar/diskusi panel · Menggunakan ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira sesuai dengan konteksnya · Menggunakan fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata karma (unggah-ungguh) dalam berbahasa sesuai dengan konteksnya · Memahami dan menjelaskan unsur-unsur politik, sosial, dan budaya Indonesia 5. Daftar Tema · Kehidupan Seorang Artis · Sejarah Pergerakan Indonesia · Emansipasi Wanita · Perkebunan Kelapa sawit · Teknologi Pertanian · Kerajinan Perak · Pedagang Kaki Lima · Mudik Lebaran · Biografi Seorang Tokoh Politik | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar