Blogger Widgets

Wadah elektronik yang disajikan sederhana ini merupakan komponen komplementer E-LEARNING pada Universitas Jambi yang dimaksudkan sebagai penguat perkuliahan tatap muka. Namun demikian, bila khalayak lain bermaksud memanfaatkannya, saya persilakan dengan senang hati. Semoga ikhtiar kecil ini bermanfaat. Amin.

Kepada segenap pengunjung blog ini, dimohonkan maklumnya sehubungan dengan isi blog ini belum maksimal. Isi blog ini insyaallah akan di-upload-kan berangsur-angsur sesuai dengan keadaan kebutuhan.

Senin, 26 Maret 2012

GBPP BIPA

Sebagaimana pembelajaran lainnya, pembelajaran pada BIPA ini memiliki GBPP. Pada GBPP BIPA, pembelajaran BIPA ini terdiri atas Pembelajaran Tingkat Pemula, Pembelajaran Tingkat Madya, dan Pembelajaran Tingkat Lanjut.

Poin-poin isi GBPP tersebut adalah sebagai berikut.



A.      BIPA I: Tingkat Pemula (64 Jam, Dua Kali Per Minggu, @ 2 Jam)

1. Tujuan Umum
Pengajaran BIPA I (tingkat pemula) bertujuan agar peserta mampu berkomuni-kasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sederhana untuk berbagai keperluan sehari-hari, seperti bertegur sapa, berbelanja, dan berwisata.

2. Tujuan Khusus
·         Peserta mampu mengenali dan mengucapkan dengan tepat lafal-lafal bunyi vokal dan konsonan yang terdapat dalam sistem alfabetis bahasa Indonesia.
·         Peserta mampu memahami tekanan dan intonasi kata dalam bahasa Indonesia.
·         Peserta mampu menggunakan ungkapan-ungkapan salam dengan tepat.
·         Peserta mampu menggunakan bentuk-bentuk sapaan dalam bahasa Indonesia secara tepat.
·         Peserta mampu menggunakan kata-kata ganti orang dalam bahasa Indonesia secara tepat.
·         Peserta mampu memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dengan tepat.
·         Peserta mampu menceritakan pengalaman sendiri dan orang lain.
·         Peserta mampu menggunakan kata penunjuk dalam bahasa Indonesia.
·         Peserta mampu menggunakan kata tanya dan menjawab pertanyaan dengan kalimat sederhana.
·         Peserta mampu memperoleh dan memberi informasi dengan tepat.
·         Peserta mampu menggunakan kata penunjuk waktu dan penunjuk arah secara tepat.
·         Peserta mampu memahami pola urutan kata dalam bahasa Indonesia.
·         Peserta mampu membuat/memproduksi kalimat sederhana.
·         Peserta mampu mengisi formulir sedehana dengan menggunakan bahasa Indonesia.

3. Materi
·         Lafal bunyi vokal dan konsonan yang terdapat dalam sistem alfabetis bahasa Indonesia
·         Tekanan dan intonasi kata dalam bahasa Indonesia
·         Penggunaan ungkapan-ungkapan salam dalam bahasa Indonesia
·         Penggunaan bentuk-bentuk sapaan seperti bapak, ibu, saudara, dan Anda dalam bahasa Indonesia
·         Penggunakan kata-kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga serta bentuk-bentuk posesif dalam bahasa Indonesia
·         Penggunaan nama-nama diri dan nama profesi dalam bahasa Indonesia
·         Penggunaan kata ganti penunjuk ini dan itu serta kombinasinya dengan kata benda dan kata tanya apa
·         Pengenalan kata-kata benda di dalam ruang kelas dan di sekitarnya
·         Pengenalan kata sifat dan bentuk perbandingan yang sering digunakan sehari-hari dan kombinasinya dalam kelompok kata
·         Penggunaan kata tanya apa dan apakah serta yes or no question
·         Penggunaan kata tanya siapa dan di mana serta kombinasinya dengan -kah
·         Pengenalan kata-kata pengungkap waktu (jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun) serta kata-kata penunjuk arah
·         Pola urutan kata dalam bahasa Indonesia (DM-MD)
·         Penggunaan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia
·         Pengisian formulir sedehana dengan menggunakan bahasa Indonesia

4. Evaluasi
·         Melafalkan dengan tepat beberapa kata yang mengandung bunyi vokal dan konsonan yang dikehendaki
·         Melafalkan beberapa kata dengan tekanan dan intonasi yang tepat
·         Menyebutkan ungkapan-ungkapan salam yang tepat sesuai dengan konteksnya
·         Menggunakan bentuk-bentuk sapaan yang tepat sesuai dengan konteksnya
·         Menggunakan kata-kata ganti yang tepat sesuai dengan konteksnya
·         Memperagakan cara memperkenalkan diri dan orang lain dengan menggunakan kata-kata yang tepat
·         Menceritakan pengalaman sendiri dan orang lain secara lisan
·         Menggunakan kata penunjuk ini dan itu dengan tepat
·         Mengemukakan dan menjawab pertanyaan dengan kalimat sederhana
·         Meminta dan memberi informasi dengan tepat
·         Menggunakan kata penunjuk waktu dan penunjuk arah dengan tepat
·         Menyusun dan menggunakan urutan kata dengan tepat
·         Membuat/memproduksi kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia
·         Mengisi formulir sedehana dengan menggunakan bahasa Indonesia

5. Daftar Tema
·         Di KBRI
·         Di Bandara
·         Di Kantor Imigrasi
·         Di Agen Perjalanan
·         Di Hotel
·         Di Restoran
·         Di Pasar Tradisional
·         Di Pusat Perbelanjaan
·         Di Pantai Parangtritis
·         Di Taman Mini Indonesia Indah
·         Di Pusat Pelayanan Umum


B.      BIPA II: Tingkat Madya (64 Jam, Dua Kali Per Minggu, @ 2 Jam)

1. Tujuan Umum

Pengajaran BIPA II (tingkat madya) bertujuan agar peserta mampu berkomunikasi secara lancar dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik untuk berbagai keperluan sehari-hari maupun untuk bersosialisasi dalam hidup bermasyarakat.

2. Tujuan Khusus
·         Peserta mampu memahami dan mengungkapkan suka cita dan kegembiraannya atas keberhasilan orang lain.
·         Peserta mampu memahami dan mengungkapkan duka cita atau keprihatinan atas peristiwa yang dialami orang lain.
·         Peserta mampu memahami dan mengungkapkan permintaan secara halus.
·         Peserta mampu menolak dan menerima ajakan orang lain.
·         Peserta mulai memiliki kepekaan terhadap ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira.
·         Peserta mulai memiliki kepekaan terhadap fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata krama (unggah-ungguh) dalam berbahasa.
·         Peserta mampu memahami dan mengungkapkan karakter seseorang.
·         Peserta mampu memahami dan mengungkapkan suatu aktivitas dan keberlangsungan aktivitas itu.
·         Peserta mampu menjelaskan ciri-ciri suatu benda.
·         Peserta mampu menjelaskan terjadinya suatu peristiwa.
·         Peserta mampu mengisi formulir, melakukan korespondensi, dan membuat laporan sederhana.

2. Materi
·         Penggunaan ungkapan selamat, seperti selamat ulang tahun, selamat menempuh hidup baru, atau selamat atas keberhasilan
·         Penggunaan ungkapan keprihatinan, seperti turut berduka cita atau ungkapan penyesalan
·         Penggunaan kalimat perintah atau permintaan yang tidak langsung
·         Penggunaan ungkapan penolakan secara sopan
·         Penggunaan ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira
·         Penggunaan fungsi-fungsi pragmatik, seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata karma (unggah-ungguh) dalam bahasa Indonesia
·         Penggunaan kata sifat yang menyatakan karakter seseorang
·         Penggunaan kata kerja dan kombinasinya dengan bentuk kala (tenses)
·         Penggunaan kata benda dan kombinasinya penggunaan modalitas
·         Penggunaan kalimat dan kombinasinya dengan keterangan tempat dan waktu
·         Pengisian formulir, pembuatan laporan sederhana dan korespondensi

3. Evaluasi
·         Membuat pernyataan, baik secara lisan maupun tertulis, yang mengungkapkan suka cita dan kegembiraan atas keberhasilan orang lain
·         Membuat pernyataan, baik secara lisan maupun tertulis, mengungkapkan duka cita atau keprihatinan atas peristiwa yang dialami orang lain
·         Membuat pernyataan, baik secara lisan maupun tertulis, yang mengungkapkan permintaan secara halus
·         Membuat pernyataan penolakan dan penerimaan atas ajakan orang lain
·         Menggunakan ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira sesuai dengan konteks situasinya
·         Menerapkan fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata karma (unggah-ungguh) dalam berbahasa sesuai dengan konteksnya
·         Mengungkapkan/menyebutkan karakter seseorang berdasarkan ciri-cirinya
·         Mengungkapkan suatu aktivitas dan keberlangsungan aktivitas
·         Menjelaskan ciri-ciri suatu benda yang sudah ditentukan
·         Peserta mampu menjelaskan terjadinya suatu peristiwa.
·         Mengisi formulir, melakukan korespondensi, dan membuat laporan sederhana.

4. Daftar Tema
·         Pesta Perkawinan
·         Upacara Ngaben
·         Mengantar Teman ke Stasiun
·         Mengunjungi Pameran
·         Pesta Kemerdekaan 17 Agustus 1945
·         Berkunjung ke Rumah Sahabat
·         “Pak Budi yang Baik Hati”
·         Kerja Bakti/Gotong Royong
·         Mengunjungi Museum
·         Kecelakaan Lalu Lintas
·         Sahabat Pena


C.      BIPA III: TINGKAT LANJUT

1. Tujuan Umum
Pengajaran BIPA III (tingkat lanjut) bertujuan agar peserta mampu berkomunikasi secara lancar dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tertulis, untuk berbagai keperluan sehari-hari, bersosialisasi dalam hidup bermasyarakat, dan keperluan lain yang lebih luas, misalnya untuk mencari pekerjaan dan melaksanakan pekerjaan sehari-hari di tempat tugas, ataupun komunikasi akademis, seperti mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi di Indonesia.

2. Tujuan Khusus
·         Peserta mampu menggunakan bahasa Indonesia lisan dengan lancar untuk berbagai keperluan.
·         Peserta mampu mengungkapkan pendapat dan pengalamannya dengan menggunakan kalimat-kalimat yang variatif.
·         Peserta mampu memahami dan mengungkapkan suatu wacana yang kompleks.
·         Peserta mampu menulis dengan baik dalam bentuk makalah dan laporan kegiatan.
·         Peserta mampu memadukan kalimat-kalimat dalam paragraf yang koheren.
·         Peserta mampu menjelaskan dan berargumentasi dengan baik.
·         Peserta mampu berdiskusi, berdebat, dan menulis laporan argumentatif.
·         Peserta sudah memiliki kepekaan terhadap ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira.
·         Peserta sudah memiliki kepekaan terhadap fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata krama (unggah-ungguh) dalam berbahasa.
·         Peserta mampu memahami dan mengungkapkan dengan baik unsur-unsur politik, sosial, dan budaya Indonesia.

3. Materi
·         Penggunaan bahasa Indonesia lisan lisan, seperti menyimak kaset dan video serta bermain peran.
·         Pengungkapan pengalaman dan berdiskusi
·         Pemahaman wacana yang kompleks dan pengungkapan kembali, baik secara lisan maupun tertulis
·         Penyusunan paragraf
·         Penulisan makalah dan laporan kegiatan
·         Penyajian makalah dalam seminar/diskusi panel
·         Penggunaan ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira
·         Penggunaan fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata karma (unggah-ungguh) dalam berbahasa
·         Pemahaman unsur-unsur politik, sosial, dan budaya Indonesia

4. Evaluasi
·         Memahami kaset dan video serta memainkan peran tertentu
·         Mengungkapkan pengalaman dan diskusi
·         Memahami wacana yang kompleks dan mengungkapkannya kembali, baik secara lisan maupun tertulis
·         Menyusun paragraf yang koheren berdasarkan topik tertentu
·         Menulis makalah dan laporan kegiatan
·         Menyajkian makalah dalam seminar/diskusi panel
·         Menggunakan ungkapan-ungkapan emotif, seperti kesal dan marah, sedih dan gembira sesuai dengan konteksnya
·         Menggunakan fungsi-fungsi sosiopragmatik seperti ejekan, gurauan (humor), dan tata karma (unggah-ungguh) dalam berbahasa sesuai dengan konteksnya
·         Memahami dan menjelaskan unsur-unsur politik, sosial, dan budaya Indonesia

5. Daftar Tema
·         Kehidupan Seorang Artis
·         Sejarah Pergerakan Indonesia
·         Emansipasi Wanita
·         Perkebunan Kelapa sawit
·         Teknologi Pertanian
·         Kerajinan Perak
·         Pedagang Kaki Lima
·         Mudik Lebaran
·         Biografi Seorang Tokoh Politik






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar